A Trip to Vietnam: Hanoi

08.57

Tujuan utama ke Vietnam sebenernya cuma kepingin liat The Famous Halong Bay yang pada saat itu dinobatin sebagai salah satu The Seven Wonders, tapi ternyata Vietnam has so much to offer more than just Halong Bay! Berangkat dari Jakarta menumpangi pesawat Air Asia menuju Hanoi, sesampainya di Hanoi kita langsung mencari taksi menuju penginapan kita di daerah Pho Co (Old Quarter). Seperti kebanyakan negara di Asia Tenggara lain nya (kecuali Singapore) transportasi seperti taksi harganya masih termasuk wajar & murah.

pemandangan Hanoi pagi hari depan hotel di Old Quarter

Kita menghabiskan waktu selama 3 hari di Hanoi, 1 hari untuk mengeksplore Hanoi, 2 hari di Halong Bay.
Trip ke Halong Bay dari Hanoi kita melalui travel yang ditawarkan saat di bandara Noi Bai, Hanoi. Selain di Noi Bai, paket travel menuju Halong Bay banyak juga ditawarkan di area Old Quarter.

Day 1: Hari pertama mengeksplore ibu kota Vietnam ini, kita mengunjungi Mausoleum Ho Chi Minh (bukan museum loh) yang kononnya kita bisa melihat mayat yang sudah diawetkan milik sosok bapak Ho Chi Minh/Uncle Ho yang dipuja puja dan dihormati rakyat Vietnam. Sayangnya saat kita sampai disana hari itu tutup, akhirnya cuma bisa berfoto di depan.

Mausoleum Ho Chi Minh

cuma bisa foto sama patung Uncle Ho aja deh (btw this is my mum)

bendera palu arit dimana mana, hiiiyy...

Selesai dari Mausoleum Ho Chi Minh kita lanjut berkeliling lagi ke beberapa landmark di Hanoi seperti Ho Chi Minh Museum, Dong Xuan Market, St. Joseph Catedral, sampai yang terakhir Hoan Kiem Lake. Semua tempat tersebut jaraknya gak jauh dari tempat kita menginap di Old Quarter, bisa sewa sejenis Tuk-Tuk dari situ buat keliling tempat-tempat tersebut seharian.

St. Joseph Catedral

Hoan Kiem Lake

gak dimana-mana pasti narsis

Selain Landmark diatas, ada ciri khas kota Hanoi yang saya inget banget, yaitu KABEL LISTRIK nya yang semerawut minta ampun! Kabelnya banyak banget dan ngelilit-lilit kusut gak beraturan dari tiang ke tiang. Ngeliatnya cukup bikin ngeri, takut meleduk!
Selain kabel listrik, hal lain yang saya inget yaitu jumlah pengendara motornya yang banyak dan ugal-ugalan, bahkan lebih ugal-ugalan daripada pengendara di Jakarta. Duh!

yang melawan arah pun ada

suasana jalan depan Hoan Kiem Lake

Day 2: Hari kedua kita berangkat ke Halong Bay, perjalanan dari Hanoi ke Halong Bay kurang lebih 3 jam. Pagi-pagi kita dijemput oleh mini bus yang akan mengantarkan kita ke pelabuhannya terlebih dahulu sebelum menaiki Junk Boat. Jadi kita akan menghabiskan waktu di Halong Bay selama 2 hari 1 malam di atas Junk Boat yang berlayar di teluk tersebut bareng turis-turis lain nya.

kamar kita di dalam Junk Boat

deck kapal bisa buat berjemur

Setelah leyeh-leyeh sebentar dan makan siang, kapal akhirnya berenti di suatu tempat, yaitu di Sung Sot Cave atau biasa dikenal Surprise Cave. Kenapa disebut surprise? karena ukuran goa nya yang besar dan stalaktit nya yang cantik, jadi surprise gitu pas masuk katanya.

bagian dalam Surprise Cave

pemandangan indah Halong Bay dari Surprise Cave

perjalanan menuju Surprise Cave yang panjang & menanjak

Dari Surprise Cave kita melanjutkan ke kegiatan selanjutnya, yaitu Kayaking sambil menunggu sunset. Karena pada saat saya kesana waktu itu sudah memasuki musim dingin di Vietnam, jadi tidak ada kegiatan berenang/snorkeling.

let's go!

almost there

sunset tercantik yang pernah saya liat

Selepas menikmati sunset, kita kembali ke Junk Boat untuk makan malam dan party! Can't you believe a party in a Junk Boat? Gak party yang wow sih, cuma joget-joget sedikit sambil bercengkrama dengan para awak kapal & turis lainnya. We had fun! para awak kapal nya sangat baik & ramah, despite that they can't speak english at all! even the basic. Cuma satu yang bisa berbahasa inggris, yaitu tour guide kapal tersebut yang bernama Seven. Tapi memang selama perjalanan saya di Vietnam, yang bisa berbahasa inggris disana benar-benar minim sekali.

the Asians

the best thing about travelling is to make friends from all over the world

Day 3: Kita bangun pagi itu untuk menikmati sarapan dan melihat pemandangan indah Halong Bay dari atas Junk Boat. Kegiatan setelah ini adalah mengunjungi pasar terapung yang menjual mutiara dan belajar membuat Spring Roll atau lumpia ala Vietnam, sayangnya salah satu bahan untuk membuatnya adalah daging babi. Jadilah kita hanya menonton tanpa ikut membuat & mencicipi hasilnya.

breakfast with a view

Junk Boat yang kita naiki selama 2 hari disana, foto diambil saat di pasar terapung

gak ikut bikin lumpia, jadi foto-foto aja deh :p

Selama kegiatan belajar membuat lumpia ala Vietnam berlangsung, Junk Boat yang kita tumpangi perlahan berjalan menuju pelabuhan, tanpa terasa sudah saatnya meninggalkan Halong Bay dan menuju Hanoi kembali.

Dari Hanoi kita langsung menuju bandara Noi Bai, karena kita akan melanjutkan perjalanan ke Ho Chi Minh City.