Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

02.30

Baru banget pulang mudik dari Malang tiba2 dapet chat menggiurkan dari temen yang ngajakin ke Tanjung Bira, Sulawesi Selatan. Wah kebetulan banget itu salah satu destinasi yang termasuk dalam bucket list saya. Tanpa pikir panjang akhirnya saya mengiyakan, walaupun itu artinya harus merelakan uang THR yang baru aja didapat :D

Mungkin banyak sebagian orang yang belum tau, dimana sih Tanjung Bira itu? Terus mau ngapain disana? 

Tanjung Bira itu letaknya di desa Bira kecamatan Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dari Jakarta menaiki pesawat tujuan Makassar, lalu dilanjut 6 jam perjalanan darat menuju Tanjung Bira. Tujuan utama kita kesini cuma satu: MANTAI! :))

Dari Makassar kita berencana menaiki travel BMA sampai Bulukumba, yang ternyata sudah penuh pada jam segitu. Akhirnya kita mencoba alternatif lain yaitu menaiki mobil travel plat kuning yang banyak dijumpai di Terminal Malengkeri. Biaya mobil plat kuning ini sekali jalan sekitar Rp 50.000 - Rp 80.000, pinter2 nawar aja. Enaknya mobil plat kuning ini adalah kita diantar langsung sampai penginapan, gak enaknya adalah gak pake AC & dempet2an banget! satu mobil kayak Avanza gitu diisi 11 orang bayangin aja :( karena kita udah capek banget dan perjalanan masih 6 jam lagi akhirnya kita siasatin dengan bayar double buat 1 orang, jadi bangku yang harusnya didempet buat 4 orang, di isi cuma kita berdua. Legaaa~

Kita diantar sampe penginapan kita di Cosmos Bungalows, yang letaknya di Pantai Bara. Jadi di Tanjung Bira itu ada 2 pantai, yaitu Pantai Bira & Pantai Bara. 

our room for 2 nights

ceritanya menyatu dengan alam, tapi ayunan nya agak bikin parno kalo malem :X

Sampe di Cosmos udah jam 4 sore, udah kucel & kegerahan kebanyakan ngabisin waktu di jalan pengen nya langsung nyemplung berenang di pantai. Abis check in langsung ganti baju renang, pake sunblock, bawa handuk dll menuju pantai Bara, yang ternyata jeng jeng jeng... Surut! 

Akhirnya kita putusin untuk jalan jalan aja nyelusurin pantai sampai Pantai Bira. Di Bira lebih rame pengunjung daripada di Bara, banyak warung2 dan ada restaurant juga di sepanjang pantai. Kita akhirnya mampir ke restaurant D'Perahu, beli minum sambil liat sunset sore itu.

 D'Perahu resto

pintu masuk D'Perahu resto dari Pantai Bira

zonk gak jadi berenang akhirnya foto2 aja


Besok pagi nya kita sengaja bangun pagi2, biar waktunya panjang buat berenang seharian. Sebelum berenang kita buru2 sarapan dulu di Cosmos, kenapa buru2? karena ada sesuatu yang kita berdua takutin berkeliaran disitu, yaitu anjing! Sebenernya Cosmos Bungalows ini tergolong bagus & murah, dengan akses langsung ke pantai Bara yang sepi serasa milik pribadi, tapi anjing peliharaan nya itu loh yang gak nahan, suka gonggongin sereeem :( 

breakfast with amazing view

tangga menuju pantai Bara

pantai Bira & Bara terkenal dengan pasir putihnya yang super halus kayak bedak

hello from paradise!

the tans will fade but the memories will last forever

 from where I sit

Setelah berjam jam main air akhirnya kita putusin untuk keluar makan. Karena jarak dari Cosmos ke daerah 'agak rame' nya Tanjung Bira agak lumayan, jadi kita sewa motor disana yang dibandrol seharga Rp 70.000 untuk seharian, mahal sih tapi untung bagi dua. Kita akhirnya makan di Salasa, rekomendasi dari Trip Advisor, dan ternyata emang enak dan porsinya banyak.

 kelar makan, motor malah mogok aja dong huft

untung mogok di tempat kece, jadinya bisa foto2 ala fashion blogger sambil nunggu bala bantuan

Setelah selesai insiden motor mogok, kita mampir ke the famous Amatoa Resort, karena banyak orang tau nya Tanjung Bira = Amatoa Resort. Ternyata sampe Amatoa saat itu lagi rame tamu, jadi kita gak bisa nongkrong cemal cemil lucu di deket infinity pool nya :( akhirnya kita dialihkan ke cafe & bar Amatoa yang baru aja dibangun di sekitar situ, untung makanan nya enak2 jadi lumayan lah ngobatin kecewa.

nyemil with a view, lol

Besok pagi nya hari terakhir kita di Tanjung Bira huhu, bangun pagi2 banget lagi supaya bisa puas2in mantai lagi sebelum check out.

sambil nunggu sarapan dibuat

mantai lagiiii

ini salah satu spot favorit saya di Cosmos

 dapet salam dari Tanjung Bira, yakin gak mau kesini? :)

Dan akhirnya berakhir sudah perjalanan kita ke Tanjung Bira, dari Tanjung Bira kita dijemput teman saya Manda untuk ke Bulukumba, dari Bulukumba lanjut naik BMA ke Makassar.
Untuk transportasi dari Tanjung Bira ke Makassar agak susah. Mobil plat kuning di Tanjung Bira menuju Makassar cuma ada pagi hari sekitar jam 8-9, selain itu paling sewa mobil aja. Kalau dari Bulukumba baru banyak transport ke Makassar.

Kita nginep semalem dulu di Makassar sebelum balik Jakarta, tujuan nya cuma satu: Kuliner! hehehehe~ Untung ada temen saya Echa di Makassar yang mau nganter kita kulineran.

kiri atas - kanan bawah : pallu basa, pisang epe, sop konro, konro bakar, mie titi.

Favorit saya Pallu Basa, makan nya di Pallu Basa Serigala, yuuuum! 

notes: 
- Cosmos Bungalow semalam berkisar Rp 440.000, sudah termasuk sarapan pagi. Karena di Cosmos cuma tersedia 5 kamar, coba booking dari jauh2 hari ya. Cara booking nya bisa diliat di web nya di http://cosmosbungalows.com/  

- Biaya BMA dari Bulukumba ke Makassar satu orangnya Rp 85.000 (begitu juga sebaliknya), dapet air mineral & roti. Mobilnya Elf ala travel Cipaganti, jadi dijamin nyaman.

 
 

 




You Might Also Like

9 komentar

  1. Next time u should stay at amatoa resort

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha yess I will :D udah pernah nginep di Amatoa?

      Hapus
  2. Pernnaahhh... gw kan asli sini 😄

    BalasHapus
  3. Teh main lagi ke makassar aku siap jadi tourguide hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kikok! nanti anterin aku jalan2 ke Toraja yaaah

      Hapus
  4. kayaknya kudu nyoba tmpat nginepnya itu :)
    bookmark hehe

    BalasHapus
  5. Postingan menarik dan tempatnya bagus. Saya cuma mau nanya, di pantai Bira atau Bara itu sepenglihatan mbaknya kira-kira boleh mendirikan camp? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di pantai Bara saya liat ada beberapa yang mendirikan camp, sepertinya memang boleh.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.