Japan Trip Part 3: Kyoto

01.14

Day 3 (Takayama & Kyoto) : Menuju Kyoto dari Takayama kita naik Nohi Bus harganya 4200 yen, perjalanan 4 jam, plus 2 kali berhenti di rest area.

sampe2 langsung disambut Kyoto Tower

Sampai Kyoto Station kita langsung jalan kaki menuju penginapan kita kali ini, yaitu Capsule Ryokan Kyoto. Udah sampe Jepang harus cobain sensasi tidur di hotel Kapsul dong, kapan lagi..

per malem nya sekitar Rp 430.000 per orang

suasana didalem kapsul

Day 4 (Kyoto) : tujuan pertama kita di Kyoto yaitu Arashiyama. Jalan ke Kyoto Station dan beli Kyoto One Day Bus Pass seharga 500 yen, biar bisa kemana2 seharian.
Sampe Arashiyama kita langsung menuju Bamboo Path nya yang terkenal itu. Jadi Arashiyama sendiri itu kayak komplek wisata yang isinya macem2, kayak kuil, Monkey Forest, dan Bamboo Path itu sendiri.
Masuk Bamboo Path gratis, masuk kuil beberapa ada yang bayar, kalo Monkey Forest kurang tau karena kita gak masuk kesana.

sungai ini 'pintu masuk' Arashiyama

Bamboo Path sendiri menurut saya sih biasa aja, jalur nya gak gitu panjang dan bambu nya sendiri waktu saya kesana gak begitu banyak, mungkin lagi gak musim kali ya.

the famous Bamboo Path yang ternyata B aja, kuciwaaa

ada kang becak juga disini, bedanya abangnya ganteng2 dan keker2 banget huehehe

mejeng dulu didepan papan doa

Disepanjang jalan di komplek Arashiyama banyak yang jual souvenir dan makanan, harga makanan nya tergolong murah, kalo souvenir agak mahal, jadi cukup cuci mata aja deh.

jajan Dango, yang ternyata rasanya manis banget

Selesai menjelajah Arashiyama kita masih punya banyak waktu dan akhirnya mutusin ke Gion dan sekitarnya yaitu Higashiyama, Kiyomizudera & Maruyama Park yang lokasinya ditengah kota Kyoto itu sendiri.

pas nyasar cari jalan ke Gion malah nemu tempat cantik ini

Sampe di Gion kita liat banyak banget perempuan2 Jepang & turis2 yang wira wiri pake Yukata & Kimono, setelah kita selidikin ternyata emang banyak rental Kimono & Yukata di sekitar situ. Wah kita tertarik banget pengen coba juga! Akhirnya kita samperin rental terdekat, tanya2 ternyata harga sewanya lumayan mahal, sekitar Rp 300.000 paling murah dan itu baru Kimono nya aja, belum embel2 lain nya kayak kaus kaki, aksesoris rambut & make up (optional). Finally kita putusin ikutan nyewa, tapi yang paling murah karena budget terbatas hehehe, yang penting bisa ala ala orang Jepang.

nongkrong di Starbucks aja pake Yukata

karena pilih paket Kimono yang paling murah jadi ya polos gini aja motifnya

kalo yang motif cerah begini harganya bisa 500rb an, hiksss

lumayan tapi bisa jalan2 keliling Gion sekitar 2 jam pake Kimono

Dari Gion kita ke Higashiyama yang jaraknya kepeleset nyampe, di sepanjang jalan Higashiyama suasana Jepang nya berasa banget karena bangunan dan jalan yang dibuat sedemikian rupa. Di situ juga banyak toko2 souvenir & restaurant.

jalan Higashiyama yang Jepang banget

Buat penggemar Studio Ghibli disitu juga ada toko souvenir Studio Ghibli, musti jeli karena tempatnya agak nyempil. Yang belum tau apa itu Studio Ghibli, bisa di download salah satu filmnya yang judulnya Spirited Away, my favourite cartoon/anime movie all the time! And you will fall in love instantly with another's Ghibli creation after that.

petunjuk masuk toko souvenir Studio Ghibli

KYAAA! Giant Totoro! *do not mind my tired face*

isi toko souvenir nya mostly Totoro, tokoh2 lain ada juga cuma gak banyak

Setelah belanja belanji sedikit di Higashiyama, kita balik lagi ke Gion karena mau berburu Geisha! Menurut internet para Geisha biasanya keluar pukul 6-8 malem di sekitar Gion, kita pas kesitu sekitar jam 6.30 malem, dan masih terang banget kayak jam 5. Keliling2 di spot2 dan gang2 tempat biasa Geisha keluar, bareng banyak orang yang juga lagi berburu Geisha, tapi karena udah capek banget seharian jalan, kita gak lama2 berburu Geisha nya. Untungnya sempet ketemu satu Geisha dong. Hooraay!

agak blur karena Geisha jalan nya cepet banget

Btw Kyoto itu salah satu penghasil Green Tea, jadi sepanjang jalan banyak banget yang jual makanan berbahan Green Tea, dari es krim, minuman, kue bolu dan lain2.

es Green Tea yang kita beli di Gion, Segeeer~

Day 5 (Kyoto & Osaka) : Tujuan kita hari ini mau ke Fushimi Inari Taisha, tapi gak pake Kyoto One Day Bus Pass lagi kayak kemaren karena tujuan nya cuma satu tempat jadi lebih murah beli tiket kereta ngeteng. Masuk Fushimi Inari Taisha gratis, sama kayak kebanyakan kuil2 di Jepang yang mostly emang gratis. Fushimi Inari Taisha ini salah satu kuil Shinto, disini bakal banyak nemuin ornamen rubah, karena menurut kepercayaan Shinto rubah itu salah satu utusan yang dipercaya.

sampe depan Fushimi Inari Taisha langsung disambut patung rubah

papan doa yang berbentuk rubah

penganut Shinto yang lagi berdoa

Di Fushimi Inari Taisha kita naik menelusuri Torii Gate, tapi karena jalur yang cukup panjang dan waktu yang terbatas jadi kita cuma sampe setengah perjalanan aja.

Torii Gate yang bakal banyak ditemuin sepanjang perjalanan naik sampe ke ujung

mejeng didepan mini Torii Gate

gantian mejeng diantara Torii Gate yang asli

map Fushimi Inari Taisha, kita cuma sanggup naik sampe di titik merah aja

Di Kyoto cuma setengah hari aja, balik dari Fushimi Inari Taisha kita langsung packing dan siap2 ke Osaka~

Dilanjut yaa ke Japan Trip Part 4 : Osaka ! That is the last part.